Dinas Sosial Kabupaten Demak Serahkan Bantuan Kursi Roda Dan Peralatan Penunjang Pemberdayaan Ekonomi untuk masyarakat Desa Donorejo

  • Muhamad Fahmi Fambudi
  • Nov 09, 2023

Dinas Sosial Kabupaten Demak menyerahkan kursi roda kepada sepuluh orang penyandang disabilitas di Desa Donorejo. Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemandirian para penyandang disabilitas dalam berkarya, beraktivitas sehari-hari dan meningkatkan pemberdayaan ekonomi.

Selain kursi roda, kata Hardi, pihaknya juga menyerahkan bantuan peralatan penunjang pemberdayaan ekonomi bagi empat orang penyandang disabilitas.

“Penyaluran bantuan ini diterimakan langsung oleh penerima bantuan melalui Kepala Desa Donorejo"

Dia menyebutkan, tujuan pemberian bantuan ini adalah sebagai upaya pelayanan kesejahteraan sosial yang terbaik bagi penyandang disabilitas. Selain itu, juga sebagai upaya rehabilitasi sosial yaitu proses refungsionalisasi dan pengembangan untuk memungkinkan seseorang mampu melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar dalam kehidupan masyarakat.

“Meskipun  mereka dalam segala keterbatasan, namun mereka tetap berhak mendapatkan pelayanan yang sama seperti masyarakat pada umumnya,” ujarnya.

Menurutnya, penyandang disabilitas adalah aset bangsa. Dan sudah kewajiban Pemerintah Kabupaten Demak mendukung mereka dalam menjalankan fungsi sosial  di lingkungan masyarakat, serta berupaya mengakseskan sumber-sumber yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung program rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas.